Kamis, 13 Oktober 2016

APA SIH E-COMMERCE ITU ???



            Sebelumnya saya telah menyebutkan tentang E-COMMERCE di postingan saya yang sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan lebih rinci tentang e-commerce itu sendiri, mulai dari apa sih e-commerce itu ? , hingga sejarah dari e-commerce di indonesia. langsung aja cek disini.


 Perdagangan, dagang, jual beli, sudah sering kita dengar dan kita lihat, bahkan pasti ada di antara kalian yang pernah melakukannya. Disini saya akan membahas tentang perdagangan atau jual beli namun lewat media internet atau online yang tidak lain disebut sebagai E-COMMERCE.

            E-COMMERCE adalah singkatan dari electronic commerce yang tidak lain adalah perdagangan atau jual neli secara elektronik, arti rinci nya adalah suatu proses transaksi perdagangan atau jasa dengan menggunakan media elektronik dan memanfaatkan jaringan komputer yang tidak lain lagi adalah internet. E-commerce sangat berbeda dengan perdangan biasa, karena e-commerce memiliki keistimewaan.

Pertama, transaksi yang dapat dilakukan tanpa batas. Dengan menggunakan jaringan komputer atau yang kita sebut dengan internet, pemilik usaha dapat memasarka produknya secara internasional dengan sangat mudah, yaitu hanya cukup dengan membuat situs web dan memasarkan produk – produknya tanpa batas, selain itu konsumen juga dapat melihat atau mengakses produk – produk tersebut dan melakukan transaksi tanpa batasan waktu (24 jam). Yang kedua adalah kemudahan melakukan transaksi. Konsumen tidak perlu repot – repot berangkat menemui produsen untuk melakukan transaksi, mereka hanya perlu melakukan pembayaran lewat transaksi dan barang akan segera dikirim oleh produsen, hal ini adalah salah satu keuntungan yang sangat nyata yang terasa dalam e-commerce bagi saya. Namun, hal ini malah sering menjadi sasaran empuk untuk terjadinya suatu penipuan, maka dari itu kita perlu waspada dalam melakukan transaksi, jangan terburu-buru, kita harus melihat dulu testimoni – testimoni dari pelanggan – pelangan sebelumnya dan mengetahui identitas asli produsen tersebut. Terakhir yakni perdagangan barang tak berwujud, apa itu barang tak berwujud ? yang pasti bukan makhluk ghaib. Barang tak berwujud yang saya maksudkan disini adalah produk – produk seperti sebuah software, data, ataupun ide – iide yang diperjual belikan melalui internet.

            Untuk membuat suatu halaman web e-commerce juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, kita memerlukan sebuah tim manajemen yang handal dalam mengelolah web, memerlukan pengiriman yang tepat waktu, pelayan yang bagus, dan juga rencana bisnis yang mantap. Beberapa faktor kunci yang saya ketahui tidak lain adalah menyediakan harga yang kompetitif dan memiliki tingkatan – tingkatan kualitas produk mulai dari kualitas standar hingga kualitas top class. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap ( fast respon), dan ramah terhadap konsumen. Menyediakan informasi barang / produk dan jasa yang lengkap dan jelas. Menyediakan banyak bonus – bonus seperti kupon undian, penawaran istimewa atau promo, dan juga diskon – diskon yang menarik. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian. Menyediakan perkumpulan atau komunitas untuk berdiskusi mengenai masukan dari pelanggan dan hal – hal lain nya. Dan juga mempermudah proses jual beli yang dilakukan dengan konsumen sehingga konsumen merasa nya mulai dari sebelum membeli, proses membeli, hingga konsumen telah menerima barang produk belian nya. Hal ini akan menimbulkan rasa puas tersendiri dari konsumen sehingga konsumen dapat merekomendasikan halawam web kita kepada kerabat atau teman – teman nya.

E-commerce memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
1.     Memungkinkan konsumen untuk melihat produk dan melakukan transaksi selama 24 jam.
2.     Konsumen tidak perlu berangkat untuk membeli barang, melainkan dapat lewat transfer dan kirim.
3.     Konsumen memiliki banyak pilihan produk yang dapat di akses lewat internet.
4.     Konsumen dapat meminta informasi secara detail dari produk yang hendak dibeli dari produsen.
5.     Produsen dapat menawarkan hasil produknya lewat internet secara internasional.
6.     Konsumen berkesempatan untuk mendapatkan produk yang terbaik dan berkualitas dari berbagai pilihan produk.
7.     Sebagai media promosi negara untuk memasarkan produk khas negara itu sendiri ke seluruh konsumen dari berbagai belahan dunia.
8.     Sistem pembayaran transaksi dan pengiriman yang sangat mudah.
9.     Produsen dapat men desain sendiri halaman web nya untuk menarik konsumen.
10.  E-commerce dapat dilakukan dengan santai meski sambil sekolah atau kuliah.
11.   Produsen juga dapat mendapatkan keuntungan dengan memasang iklan – iklan berbayar di halaman web nya.
12.   Untuk web yang sudah memiliki pegawai, pegawai pun juga dimudahkan dengan tidak adanya batasan waktu tertentu untuk bekerja mengolah halaman web.
13.   Proses pengantaran produk yang dilakukan secara inovatif.
14.   Modal untuk melakukan bisnis yang terjangkau dan pastinya sangat menguntungkan.

Namun, e – commerce juga memiliki kelemahan yang sering kali membuat konsumen tidak ingin melakukan jual beli secara e-commerce atau online, yaitu :
1.     Sering terjadi penipuan barang, atau bahkan sering kali setelah konsumen mentransfer uang pembayaran, produsen menjadi sulit untuk dihubungi atau lost contact.
2.     Tidak semua produk yang dijual ditampilkan dalam halaman web.
3.     Tampilan produk yang dijual sering kali berbeda dengan produk nyata nya.
4.     Pengiriman barang yang sering kali molor atau lama.
5.     Barang atau produk yang dikirim sering kali rusak saat pengiriman.
6.     Produsen yang identitas nya tidak jelas.
7.     Konsumen yang memberikan bukti pembayaran palsu.
8.     Penipuan testimoni palsu.
9.     Kesalahan pengiriman produk.
10.  Sistem keamanan web yang kurang dikarenakan pemilik web yang kurang handal dalam mengatur web nya.
11.  Dibutuhkan nya server web yang berbayar untuk memuat halaman web yang bagus atau khusus untuk melakukan jual beli online.
12.  Dibutuhkan nya jaringan internet untuk mengakses produk – produk yang ingin dibeli.
13.  Terkadang banyak pembeli yang GAPTEK, yang sering kali masih bingung sistem jual beli secara online, dan bingung dalam melakukan transaksi pembayaran.

Adapun sejarah e-commerce di indonesia (kutipan dari wikipedia), yaitu perkembangan e-commerce di indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom intrabumi atau D-Net sebagai perintis transaksi online di indonesia. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut dengan D-Mail ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual juga bermacam – macam, mulai dari makanan dan minuman, aksesoris, pakaian, dan juga masih banyak lagi produk lain seperti furniture, dan peralatan kantor. Selain itu, ada juga e-commerce indonesia, yaitu sebagai tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko atau store front dan keranjang belanja atau yang biasa kita kenal sebagai shopping cart. E-commerce indonesia juga sebagai commerce service provider (CSP) pertama yang berdiri di indonesia yang menawarkan kemudahan dalam melakukan proses transaksi jual beli melalui media jaringan komputer atau internet.

Indonesia sendiri pun juga telah melakukan beberapa kerjasama dengan lembaga – lembaga yang membutuh kan e-commerce untuk melayani konsumennya seperti, PT Telkom dan Bank Internasional Indonesia. Selain itu, ada juga tujuh situs yang menjadi anggota dari E-commerce Indonesia atau Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan juga Trikomsel . Kalau sekarang, E-commerce yang sering kita dengar namanya tidak lain adalah bukalapak.com , berniaga.com, dan masih banyak lagi e-commerce yang bahkan telah memiliki iklan yang disiarkan di channel televisi di indonesia.

Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya sangat menguntungkan badi banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun dari pihak produsen atau penjual itu sendiri. Karena dengan menggunakan media online atau internet, proses perniagaan atau jual beli yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena sangat menghemat waktu dan juga menghemat biaya.

Sekian adalah tentang “E – COMMERCE” yang saya ketahui, mungkin anda punya masukan untuk postingan kali ini , ataupun punya masukan untuk halaman blog saya ? silahkan luapkan semua unek – unek anda dalam kolom komentar di bagian bawah halaman. Jangan malu – malu untuk menyampaikan pendapat , karena malu berpendapat berarti malu ber ekspresi, dan malu ber ekspresi berarti malu untuk berkarya. Semoga postingan saya kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca nya. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar