Sebelumnya saya telah menyebutkan
tentang E-COMMERCE di postingan saya yang sebelumnya, kali ini saya akan
menjelaskan lebih rinci tentang e-commerce itu sendiri, mulai dari apa sih
e-commerce itu ? , hingga sejarah dari e-commerce di indonesia. langsung aja cek disini.
Perdagangan, dagang, jual beli, sudah sering
kita dengar dan kita lihat, bahkan pasti ada di antara kalian yang pernah
melakukannya. Disini saya akan membahas tentang perdagangan atau jual beli
namun lewat media internet atau online yang tidak lain disebut sebagai
E-COMMERCE.
E-COMMERCE adalah singkatan dari
electronic commerce yang tidak lain adalah perdagangan atau jual neli secara
elektronik, arti rinci nya adalah suatu proses transaksi perdagangan atau jasa dengan
menggunakan media elektronik dan memanfaatkan jaringan komputer yang tidak lain
lagi adalah internet. E-commerce sangat berbeda dengan perdangan biasa, karena
e-commerce memiliki keistimewaan.
Pertama, transaksi yang dapat
dilakukan tanpa batas. Dengan menggunakan jaringan komputer atau yang kita
sebut dengan internet, pemilik usaha dapat memasarka produknya secara
internasional dengan sangat mudah, yaitu hanya cukup dengan membuat situs web
dan memasarkan produk – produknya tanpa batas, selain itu konsumen juga dapat
melihat atau mengakses produk – produk tersebut dan melakukan transaksi tanpa
batasan waktu (24 jam). Yang kedua adalah kemudahan melakukan transaksi. Konsumen
tidak perlu repot – repot berangkat menemui produsen untuk melakukan transaksi,
mereka hanya perlu melakukan pembayaran lewat transaksi dan barang akan segera
dikirim oleh produsen, hal ini adalah salah satu keuntungan yang sangat nyata
yang terasa dalam e-commerce bagi saya. Namun, hal ini malah sering menjadi
sasaran empuk untuk terjadinya suatu penipuan, maka dari itu kita perlu waspada
dalam melakukan transaksi, jangan terburu-buru, kita harus melihat dulu
testimoni – testimoni dari pelanggan – pelangan sebelumnya dan mengetahui
identitas asli produsen tersebut. Terakhir yakni perdagangan barang tak
berwujud, apa itu barang tak berwujud ? yang pasti bukan makhluk ghaib. Barang tak
berwujud yang saya maksudkan disini adalah produk – produk seperti sebuah
software, data, ataupun ide – iide yang diperjual belikan melalui internet.
Untuk membuat suatu halaman web
e-commerce juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, kita memerlukan
sebuah tim manajemen yang handal dalam mengelolah web, memerlukan pengiriman
yang tepat waktu, pelayan yang bagus, dan juga rencana bisnis yang mantap. Beberapa
faktor kunci yang saya ketahui tidak lain adalah menyediakan harga yang
kompetitif dan memiliki tingkatan – tingkatan kualitas produk mulai dari
kualitas standar hingga kualitas top class. Menyediakan jasa pembelian yang
tanggap ( fast respon), dan ramah terhadap konsumen. Menyediakan informasi
barang / produk dan jasa yang lengkap dan jelas. Menyediakan banyak bonus –
bonus seperti kupon undian, penawaran istimewa atau promo, dan juga diskon –
diskon yang menarik. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian. Menyediakan
perkumpulan atau komunitas untuk berdiskusi mengenai masukan dari pelanggan dan
hal – hal lain nya. Dan juga mempermudah proses jual beli yang dilakukan dengan
konsumen sehingga konsumen merasa nya mulai dari sebelum membeli, proses
membeli, hingga konsumen telah menerima barang produk belian nya. Hal ini akan
menimbulkan rasa puas tersendiri dari konsumen sehingga konsumen dapat
merekomendasikan halawam web kita kepada kerabat atau teman – teman nya.
E-commerce memiliki beberapa
kelebihan, yaitu:
1. Memungkinkan konsumen untuk melihat
produk dan melakukan transaksi selama 24 jam.
2. Konsumen tidak perlu berangkat untuk
membeli barang, melainkan dapat lewat transfer dan kirim.
3. Konsumen memiliki banyak pilihan
produk yang dapat di akses lewat internet.
4. Konsumen dapat meminta informasi
secara detail dari produk yang hendak dibeli dari produsen.
5. Produsen dapat menawarkan hasil
produknya lewat internet secara internasional.
6. Konsumen berkesempatan untuk
mendapatkan produk yang terbaik dan berkualitas dari berbagai pilihan produk.
7. Sebagai media promosi negara untuk
memasarkan produk khas negara itu sendiri ke seluruh konsumen dari berbagai
belahan dunia.
8. Sistem pembayaran transaksi dan
pengiriman yang sangat mudah.
9. Produsen dapat men desain sendiri
halaman web nya untuk menarik konsumen.
10. E-commerce dapat dilakukan dengan
santai meski sambil sekolah atau kuliah.
11. Produsen juga dapat mendapatkan keuntungan
dengan memasang iklan – iklan berbayar di halaman web nya.
12. Untuk web yang sudah memiliki pegawai, pegawai
pun juga dimudahkan dengan tidak adanya batasan waktu tertentu untuk bekerja
mengolah halaman web.
13. Proses pengantaran produk yang dilakukan
secara inovatif.
14. Modal untuk melakukan bisnis yang terjangkau
dan pastinya sangat menguntungkan.
Namun, e – commerce juga memiliki kelemahan
yang sering kali membuat konsumen tidak ingin melakukan jual beli secara
e-commerce atau online, yaitu :
1. Sering terjadi penipuan barang, atau
bahkan sering kali setelah konsumen mentransfer uang pembayaran, produsen
menjadi sulit untuk dihubungi atau lost contact.
2. Tidak semua produk yang dijual
ditampilkan dalam halaman web.
3. Tampilan produk yang dijual sering
kali berbeda dengan produk nyata nya.
4. Pengiriman barang yang sering kali
molor atau lama.
5. Barang atau produk yang dikirim sering
kali rusak saat pengiriman.
6. Produsen yang identitas nya tidak
jelas.
7. Konsumen yang memberikan bukti
pembayaran palsu.
8. Penipuan testimoni palsu.
9. Kesalahan pengiriman produk.
10. Sistem keamanan web yang kurang
dikarenakan pemilik web yang kurang handal dalam mengatur web nya.
11. Dibutuhkan nya server web yang
berbayar untuk memuat halaman web yang bagus atau khusus untuk melakukan jual
beli online.
12. Dibutuhkan nya jaringan internet untuk
mengakses produk – produk yang ingin dibeli.
13. Terkadang banyak pembeli yang GAPTEK, yang sering kali masih bingung
sistem jual beli secara online, dan bingung dalam melakukan transaksi pembayaran.
Adapun sejarah e-commerce di indonesia
(kutipan dari wikipedia), yaitu perkembangan e-commerce di indonesia sendiri
telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom intrabumi atau D-Net
sebagai perintis transaksi online di indonesia. Wahana transaksi berupa mal
online yang disebut dengan D-Mail ini telah menampung sekitar 33 toko
online/merchant. Produk yang dijual juga bermacam – macam, mulai dari makanan
dan minuman, aksesoris, pakaian, dan juga masih banyak lagi produk lain seperti
furniture, dan peralatan kantor. Selain itu, ada juga e-commerce indonesia,
yaitu sebagai tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas
lengkap seperti adanya bagian depan toko atau store front dan keranjang belanja
atau yang biasa kita kenal sebagai shopping cart. E-commerce indonesia juga
sebagai commerce service provider (CSP)
pertama yang berdiri di indonesia yang menawarkan kemudahan dalam melakukan
proses transaksi jual beli melalui media jaringan komputer atau internet.
Indonesia sendiri pun juga telah
melakukan beberapa kerjasama dengan lembaga – lembaga yang membutuh kan
e-commerce untuk melayani konsumennya seperti, PT Telkom dan Bank Internasional
Indonesia. Selain itu, ada juga tujuh situs yang menjadi anggota dari
E-commerce Indonesia atau Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive
Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall
dan juga Trikomsel . Kalau sekarang, E-commerce yang sering kita dengar namanya
tidak lain adalah bukalapak.com , berniaga.com, dan masih banyak lagi
e-commerce yang bahkan telah memiliki iklan yang disiarkan di channel televisi
di indonesia.
Kehadiran e-commerce sebagai media
transaksi baru ini tentunya sangat menguntungkan badi banyak pihak, baik pihak
konsumen, maupun dari pihak produsen atau penjual itu sendiri. Karena dengan
menggunakan media online atau internet, proses perniagaan atau jual beli yang
dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena sangat menghemat waktu dan juga
menghemat biaya.
Sekian adalah tentang “E – COMMERCE”
yang saya ketahui, mungkin anda punya masukan untuk postingan kali ini ,
ataupun punya masukan untuk halaman blog saya ? silahkan luapkan semua unek –
unek anda dalam kolom komentar di bagian bawah halaman. Jangan malu – malu untuk
menyampaikan pendapat , karena malu berpendapat berarti malu ber ekspresi, dan
malu ber ekspresi berarti malu untuk berkarya. Semoga postingan saya kali ini
bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca nya. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar